Spread the love

Idul Adha merupakan salah satu hari raya umat muslim di seluruh dunia. Hari raya yang jatuh di setiap tanggal 10 Dzulhijjah tersebut identik dengan kegiatan pemotongan hewan kurban seperti kambing, sapi, domba, kerbau, dan unta. Daging kurban tersebut kemudian dibagikan kepada masyarakat sekitar dan dijadikan sebagai olahan makanan yang lezat.

Daftar Olahan Khas Hari Raya Idul Adha Di Berbagai Negara

Daging kurban bisa dijadikan berbagai masakan yang lezat. Berbagai negara di dunia memiliki makanan khasnya masing-masing, terutama saat idul Adha tiba. Berikut merupakan beberapa daftar makanan khas idul Adha di berbagai negara yang mayoritas umat muslim.

1.     Nasi Biryani

Masakan nasi biryani sangat populer di berbagai negara di Asia. Pasalnya, nasi biryani adalah olahan beras basmati yang dicampur dengan berbagai bumbu khas, daging, dan sayuran.

Makanan ini sangat terkenal di beberapa negara seperti Afghanistan, India, Iran, Irak, dan berbagai negara lain. Banyak umat muslim yang mengolah daging kurban menjadi olahan nasi biryani yang sedap di hari raya Idul Adha.

2.     Sac Kavurma

Olahan daging khas Idul Adha selanjutnya adalah Sac Kavurma yang berasal dari Turki. Makanan ini merupakan daging domba yang dicampur dengan paprika hijau dan tomat.

Biasanya, sav kavurma dimasak menggunakan piringan besi yang ukurannya tipis. Selain idul Adha makanan ini juga sering disajikan di berbagai perayaan besar dan sebagai hidangan untuk makan bersama keluarga besar.

3.     Tagine

Tagine adalah makanan khas dari negara Maroko yang penyajiannya sangat unik. Penyajiannya yakni dengan mangkuk yang ditutup menggunakan tudung keramik.

Olahan khas daging yaitu olahan daging domba atau sapi yang direbus lama menggunakan bumbu tradisional Afrika Utara.

Biasanya masyarakat Maroko menyuguhkan tagine ketika panas. Tudung keramik yang digunakan tersebut sebenarnya berfungsi untuk menjaga makanan supaya tetap panas.

4.     Korma

Olahan khas India dan Pakistan yang satu ini sangat unik karena banyak yang menyamakan dengan kari. Padahal kurma dan kari adalah dua olahan makanan yang berbeda.

Korma diolah dengan bahan dari daging domba atau sapi yang dicampur kaldu, air, sayuran, susu krim, dan yogurt. Pengolahannya menggunakan api kecil dari arang yang menyala.

Umumnya kurma dihidangkan pada panci. Kamu yang suka makanan pedas tentu sangat cocok dengan olahan idul Adha yang satu ini. Selain Idul Adha, makanan ini juga disajikan di berbagai perayaan besar.

5.     Domba Panggang

Biasanya olahan domba panggang sering disajikan di berbagai negara Timur Tengah. Cita rasanya sangat khas karena diolah menggunakan rempah-rempah tradisional Timur tengah. Selain itu juga diolesi mentega sebelum kemudian dipanggang menggunakan oven.

Banyak masyarakat di berbagai negara Timur tengah yang membuat olahan domba panggang saat perayaan Idul Adha. Selain karena praktis, olahan ini juga sudah turun temurun.

6.     Rendang

Siapa sih yang tidak mengenal olahan rendang? Rendang merupakan makanan khas Indonesia yang dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia.

Saat hari raya Idul Adha, biasanya masyarakat Indonesia membuat olahan rendang untuk makan bersama keluarga. Selain Indonesia, masyarakat Malaysia juga seringkali menyajikan rendang di berbagai perayaan hari besar.

Rendang merupakan olahan daging sapi yang menggunakan berbagai bumbu dan rempah pilihan sehingga membuat rasanya sangat lezat. Daging rendang juga diolah dalam waktu yang cukup lama sehingga teksturnya empuk.

7.     Oruk

Oruk merupakan olahan khas Turki lainnya yang sering disajikan pada saat Idul Adha. Jika dilihat sekilas dari tampilannya, oruk bentuknya seperti bakso tetapi khas Turki. Makanan ini dibuat dari tepung semolia dan adonan bulgur.

Olahan ini isiannya menggunakan gilingan daging sapi yang dicampurkan dengan bawang parut dan kacang kenari. Rasanya sangat lezat karena diolah menggunakan berbagai rempah seperti lada merah, lada hitam, jintan, dan paterseli.

8.     Boulfaf

Boulfaf merupakan makanan khas dari Maroko yang bentuknya seperti sate Indonesia. Bedanya, bahan dasar olahan ini menggunakan hati kambing yang sudah dipanggang.

Banyak masyarakat Maroko yang membuat olahan boulfaf setelah mendapatkan pembagian daging kurban.

9.     Maqluba

Olahan Maqluba sangat terkenal di berbagai negara Timur tengah. Jika dilihat dari tampilannya sangat menggoda karena terdiri dari sayuran goreng, nasi, dan daging.

Bahan-bahan tersebut dimasak bersama pada satu panci. Panci tersebut dibalikkan sehingga penyajiannya seperti kue.

10.  Musagaah

Musagaah merupakan olahan daging yang sering disajikan pada saat perayaan hari raya Idul Adha di negara-negara Timur tengah. Makanan ini berupa daging cincang yang ditambah sayuran seperti terong.

Rasanya sangat lezat karena diolah dengan tambahan berbagai rempah khas tradisional Timur Tengah. Makanan ini sangat cocok disantap ketika hangat.

Itulah 10 daftar olahan daging khas Idul Adha dari berbagai negara di dunia. Tidak hanya Idul Adha saja, karena beberapa makanan tersebut juga dihidangkan untuk berbagai acara besar.

Author